Beginilah Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Sempurna

By in
No comments

surat-lamaran-kerja-sempurna

Surat lamaran kerja biasanya merupakan kesan pertama yang Anda buat dengan manajer HR, jadi Anda ingin memasukkannya ke dalam upaya yang diperlukan untuk melakukannya dengan benar. Kami berbicara dengan beberapa pakar pencarian kerja untuk mengetahui apa yang perlu Anda ketahui untuk menulis contoh surat lamaran kerja yang sempurna.

Kami berbicara dengan beberapa pakar pencarian kerja untuk mengetahui apa yang perlu Anda ketahui untuk menulis surat lamaran kerja yang sempurna.

Pilih tujuanmu
Tentu saja tujuan Anda adalah mendapatkan pekerjaan, tapi ada beberapa jenis surat pengantar yang dapat membantu Anda mencapai tujuan itu – dan mengetahui jenis yang ingin Anda tulis akan membantu Anda mewujudkannya dengan benar.

“Mereka semua memiliki tujuan,”

kata Brenda Collard-Mills, pemilik Kuat Resume dan Resources.

“Ada surat pengantar tradisional untuk membalas pekerjaan yang diiklankan, surat pengantar jaringan, surat pengantar yang ditujukan kepada perekrut, surat pengantar surat langsung dan surat pengantar rasa sakit,”

yang membahas titik rasa sakit yang mungkin dimiliki perusahaan dan bagaimana Anda akan bisa mengatasinya. “Penelitian kapan harus menggunakan setiap jenis dan menggabungkan sebanyak mungkin saat melakukan pencarian kerja yang aktif.”

Merefleksikan budaya perusahaan
Melampaui menggunakan kata kunci dari iklan dan menemukan cara untuk membuat surat lamaran Anda mencerminkan apa sebenarnya perusahaan itu.

“Misalnya, jika mendaftar ke analisis data, perusahaan yang fokus secara statistik, surat lamaran Anda harus sama-sama dihitung dan menarik bagi pembaca yang haus data,”

kata Erik Bowitz, dari organisasi nirlaba Copy My Resume.

“Jika Anda melamar posisi di perusahaan yang kreatif dan muda maka surat lamaran Anda harus lebih kasual dan cair, menggunakan kata-kata seperti aktif, sosial atau bahkan organik untuk lebih mencerminkan cita-cita individu yang Anda harapkan bisa Anda jalani.”

Fokus pada kebutuhan organisasi
Anda menginginkan pekerjaan, tapi Anda perlu memusatkan perhatian pada apa yang diinginkan majikan jika Anda berharap berhasil, kata Lynne Sarikas, direktur Pusat Karir MBA di D’Amore McKim School of Business.

“Jadilah sangat spesifik dalam menangani kebutuhan mereka yang diuraikan dalam deskripsi pekerjaan dan tunjukkan kepada mereka bagaimana Anda dapat mengatasi kebutuhan spesifik mereka.”

Menyajikan diri Anda sebagai solusi untuk masalah manajer perekrutan dapat membantu surat lamaran Anda mengambil nada yang tepat. Donna Shannon, presiden Personal Touch Career Services dan penulis “How to Get a Job Without Going Crazy,” merekomendasikan memberikan contoh spesifik bagaimana Anda bisa membantu perusahaan. “Tenaga penjual bisa mendiskusikan bagaimana mereka akan meningkatkan pendapatan perusahaan. Asisten eksekutif dapat berbicara tentang masalah yang mereka selesaikan setiap hari. Profesional TI dapat menulis tentang bagaimana mereka dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, sehingga menghemat uang perusahaan. Selalu berpikir:

bagaimana saya bisa membantu perusahaan ini?

Sublimasikan egomu
Seiring Anda memusatkan perhatian pada kebutuhan perusahaan, gunakan kata “Saya” dengan hemat, kata Sarikas.

“Sampulnya adalah surat tentang memenuhi kebutuhan mereka, jadi berhati-hatilah agar tidak terlalu sering menggunakan ‘Saya.’ Jangan mulai setiap paragraf atau beberapa kalimat dengan ‘Saya’ Pikirkan berbagai cara untuk menyampaikan pesan Anda.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *