Etika Pada Surat Lamaran Kerja Yang Seharusnya Anda Sampaikan

By in
No comments

etika-dalam-surat-lamaran-kerja
Pencari kerja sering menghabiskan banyak waktu untuk mengembangkan resume mereka dan kemudian memperlakukan surat lamaran mereka sebagai renungan. Ini bisa menjadi kesalahan kritis; Surat lamaran bisa membantu resume anda diperhatikan.

Pikirkan surat lamaran kerja sebagai bagian pemandu sorak cv Anda. Untuk membuat kesan terbaik, ikuti peraturan etiket ini:

Ucapkan Tidak ke Sampul Sampul

Aturan etiket sampul pertama adalah mengirim surat lamaran – selalu. Tidak masalah jika manajer perekrutan tidak memintanya atau Anda terlalu sibuk untuk menulisnya. Etiket bisnis yang tepat untuk menemani resume dengan surat lamaran, dan ini memberi Anda kesempatan untuk membantu menjual diri untuk posisi itu.

Jadikan Simple

Manajer HR yang sibuk tidak punya waktu untuk mengantar surat-surat yang bisa lolos disertasi. Langsung ke intinya secepat mungkin, dan hancurkan paragraf tujuh baris atau lebih lama menjadi yang pendek dan mudah dicerna.

Saat mengirim surat pengantar email, singkatnya lebih penting lagi. Sifat panggilan email untuk komunikasi ringkas, sebagian karena lebih sulit dibaca di layar daripada di atas kertas. Namun, jangan jadi mangsa surat lamaran satu baris yang beberapa pencari kerja coba lalai. Ini berjalan seperti ini: “Silakan lihat resume terlampir, dan terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda.” Anda harus bisa menulis surat pengantar yang meyakinkan dalam beberapa paragraf singkat.

Profesional Tapi Tetap Ramah

Sementara resume umumnya adalah dokumen formal, surat lamaran memberi Anda kesempatan untuk mengungkapkan kepribadian Anda. Anda tidak hanya ingin menunjukkan bahwa Anda cocok untuk posisi itu, tapi Anda juga ingin pembaca menyukai Anda. Penggunaan humor yang tepat, dikombinasikan dengan nada ramah dan profesional, dapat membantu membuat Anda senang menjadi manajer perekrutan.

Dapatkan Pribadi

Bila mungkin, sampaikan surat Anda kepada orang tertentu. Jika lowongan pekerjaan tidak termasuk nama orang, lakukan penelitian untuk mengetahui siapa orang yang tepat. Coba panggil majikan (tapi hormati iklan yang menyatakan “tidak ada panggilan telepon”), dan mintalah seorang resepsionis untuk meminta nama manajer perekrutan. Jauhkan profesional salam dengan menggunakan “Tuan Jones yang terhormat,” bukan “Jim yang terkasih.”

Fokus pada Kebutuhan Atasan

Jika setiap kalimat lain dari surat Anda dimulai dengan “Saya” atau “saya,” Anda perlu mengubah fokus. Teliti majikan dan cari tahu jenis masalah apa yang dihadapi manajer, kualitas yang mereka cari pada karyawan dan tujuan masa depan mereka. Kemudian gunakan surat Anda untuk membuktikan bahwa Anda adalah jawaban atas masalah mereka. Huruf paling menarik menunjukkan apa yang dapat Anda lakukan untuk majikan, bukan apa yang dapat dilakukan atasan untuk Anda.

Jadi diri sendiri

Surat lamaran Anda akan menonjol jika Anda menggunakan beberapa kreativitas. Misalnya, Anda bisa menyertakan ringkasan singkat penjualan terberat Anda atau proyek yang paling menantang.

Anda bisa memasukkan kutipan ulasan kinerja untuk menyoroti catatan kesuksesan dalam kerja Anda. Atau, Anda bisa membuat dua kolom dalam surat Anda untuk menunjukkan dengan tepat bagaimana Anda memenuhi persyaratan majikan:

Iklan Anda menentukan: Pengalaman lima tahun di bidang TI.
Dan saya sampaikan: Enam tahun kinerja superior dalam desain dan administrasi jaringan.
Proofread

Surat-surat lamaran kerja harus bebas dari kesalahan, jadi bersihkan dulu sebelum dikirim. Jika proofreading bukan setelan kuat Anda, dapatkan bantuan dari seseorang dengan keterampilan proofreading yang teliti. Jika Anda menyesuaikan surat lamaran yang Anda gunakan untuk banyak posisi, hapus placeholder apapun; Ini akan mencegah kesalahan memalukan seperti “Saya akan senang menjadi yang berikutnya.” Dan satu tip terakhir: Apa pun yang Anda lakukan, mengeja nama manajer perekrutan dengan benar.

Setelah etiket sampul bisa memakan waktu, tapi pahala itu layak dilakukan: lebih banyak panggilan untuk wawancara dan kesempatan lebih besar untuk mendapatkan posisi baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *